Benarkah Nokia akan Buat Ponsel Android?

Nokia Android Smartphone
Nokia dilaporkan bekerja pada sebuah proyek baru yang masih dirahasiakan. Perusahaan Finlandia ini disebut-sebut akan merilis ponsel berbasis Android.

Rumor ini santer terdengar setelah Nokia, seperti dilansir Gizmodo. Nokia kedapatan mempostingan lowongan pekerjaan untuk ahli Android.

Ya, tapi seperti yang kita tahu, Nokia saat ini tengah berhubungan erat dengan Microsoft. Mengapa Nokia tertarik untuk mempekerjakan seseorang dengan latar belakang teknisi robot hijau?

Memang, Nokia tidak secara eksplisit menyebutkan lowongan untuk ahli Android. Dalam iklan lowongan kerja yang dipasang pada jejaring sosial LinkedIn, tercantum judul 'Software Principal Engineer, Embedded Linux Middleware'.

Linux itu sendiri menjadi dasar Android. Mengingat Android sangat populer saat ini, informasi sedikit pun langsung mengarah kepada spekulasi bahwa Nokia menginginkan sesuatu yang berbau atau bernuansa 'droid'.

Memang, masih ada kemungkinan Nokia menggunakan turunan Linux lainnya, seperti Meego. Namun OS yang dikembangkan bersama Intel ini pada akhirnya tidak cukup menarik Nokia untuk menggunakannya.

Intel akhirnya kini bekerja sama dengan Samsung dalam pengembangan OS open source. Keduanya telah memulai proyek untuk membuat Tizen OS. Ini berarti bahwa Nokia tidak mungkin untuk campur tangan lagi. MeeGo sendiri kini 'dibangkitkan' lagi dengan jumlah orang yang merupakan mantan karyawan Nokia.

Selain itu, banyak mungkin tidak tahu tentang Meltemi. Awalnya, Nokia menggembar-gemborkan akan mengembangkan OS open-source untuk ponsel low-end. Proyek ini terlihat meyakinkan di awal. Tapi apa yang terjadi, Nokia membatalkan rencana tersebut.

Kemungkinan lain, bisa saja Nokia hanya ingin bekerja untuk urusan aplikasi Nokia Maps, atau aplikasi Nokia untuk digunakan pada perangkat Android.

Apapun kemungkinan, perlu konfirmasi lebih lanjut dari Nokia sendiri. Sampai saat ini, Nokia belum memberikan informasi terkait dengan laporan ini.

0 komentar:

Posting Komentar